Penerapan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Membangun Karakter Toleransi Sejak Dini

Authors

  • Immawati Nur Aisyah Rivai PGMI, UIN Alauddin Makassar Author

DOI:

https://doi.org/10.70184/hxj60t85

Keywords:

Moderasi beragama, pendidikan kewarganegaraan, sekolah dasar, karakter toleransi, pembelajaran PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menggali penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di sekolah dasar, dan (2) untuk menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter toleransi siswa. Moderasi beragama yang mengedepankan sikap toleran, menghargai perbedaan, dan menghindari ekstremisme sangat relevan dalam konteks Indonesia yang multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif, yang melibatkan wawancara dengan guru PKN, observasi kelas, dan dokumentasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PKN di sekolah dasar menerapkan moderasi beragama dengan berbagai strategi, seperti mengintegrasikan nilai-nilai toleransi dalam materi ajar, melakukan diskusi kelas mengenai keragaman agama, dan mengadakan proyek kolaboratif yang melibatkan berbagai latar belakang siswa. Meskipun ada kendala seperti keterbatasan fasilitas dan waktu, penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan karakter toleransi siswa, yang diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih inklusif dan menghargai keragaman. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan pelatihan guru dan penyediaan sumber daya yang memadai guna mendukung penerapan moderasi beragama yang lebih efektif di sekolah dasar.

Published

2025-05-27

How to Cite

Penerapan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Membangun Karakter Toleransi Sejak Dini. (2025). Vifada Journal of Education, 3(1). https://doi.org/10.70184/hxj60t85

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.