Model Eksperimen Pendidikan Berkarakter untuk Metode Pengajaran Adaptif dan Inovatif

Authors

  • Endang Sulasna Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia Author
  • Abdul Syukur Stie Amkop Makassar, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.70184/mne40v61

Keywords:

pendidikan berkarakter, model eksperimen, metode adaptif, pengajaran inovatif, pembelajaran holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model eksperimen pendidikan berkarakter yang mendukung metode pengajaran adaptif dan inovatif di lingkungan pendidikan dasar dan menengah. Pendidikan berkarakter merupakan fondasi penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berintegritas, tangguh, dan bertanggung jawab. Dalam menghadapi tantangan era digital dan perubahan sosial yang cepat, dibutuhkan pendekatan pengajaran yang fleksibel serta mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa secara individual. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses belajar melalui metode eksperimen yang mendorong partisipasi aktif, refleksi kritis, serta inovasi dalam pembelajaran. Hasil uji coba model menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek keaktifan belajar, sikap sosial, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan ini memberikan kontribusi dalam merancang strategi pembelajaran yang tidak hanya fokus pada capaian akademik, tetapi juga pada penguatan karakter peserta didik secara holistik.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Model Eksperimen Pendidikan Berkarakter untuk Metode Pengajaran Adaptif dan Inovatif. (2023). Vifada Journal of Education, 1(2), 51-56. https://doi.org/10.70184/mne40v61