Profesionalisme Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS)

Authors

  • Mukhtar Mukhtar Manajemen Pendidikan, PPs STIE Amkop Author

DOI:

https://doi.org/10.70184/c3ryr359

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta (SMKS) Karya Teknik Kabupaten Soppeng dengan sampel sebanyak 31 orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru secara parisal maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng. Artinya, baik buruknya manajemen berbasis sekolah dan profesionalisme guru akan menyebabkan perubahan yang searah kepada tingkat mutu pendidikan di SMKS Karya Teknik Kabupaten Soppeng.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Profesionalisme Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS). (2023). Vifada Journal of Education, 1(1), 36-42. https://doi.org/10.70184/c3ryr359

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.