Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Kompetensi Guru dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.70184/gxped157Keywords:
Kualitas Layanan Pendidikan, Kompetensi Guru, Budaya Organisasi, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Kompetensi Guru, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA GABUNGAN Jayapura Papua. Jumlah data sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 49 responden atau sebesar 100% dari total populasi yaitu 49 tenaga pendidik dengan menggunakan total sampling atau sampel jenuh. Berdasarkan hasil Uji parsial dan uji simultan variabel kualitas layanan pendidikan dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMA GABUNGAN Jayapura Papua. Sedangkan variabel kompetensi guru memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA GABUNGAN Jayapura Papua. Perolehan nilai Adjusted R² sebesar 0,670, hal ini menunjukkan bahwa persentase kontribusi variabel kualitas layanan pendidikan (X1), kompetensi guru (X2) dan budaya organisasi (X3) terhadap kinerja guru (Y) di SMA GABUNGAN Jayapura Papua sebesar 67% sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak disertakan dalam penelitian. Dari hasil analisis penelitian, kompetensi guru merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru. Meskipun pengaruhnya negatif, variabel kompetensi guru adalah yang paling dominan secara statistik karena nilai absolut dari koefisien regresinya paling besar. Dengan pencapaian Standardized Coefficients Beta sebesar -0,380 dan t tabel sebesar -6,218 lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.