Sosial Media Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Instagram)
DOI:
https://doi.org/10.70184/59t7dc19Keywords:
Media Sosial, Keterbukaan, Partisipasi, Percakapan, Komunitas, Saling Terhubung, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbukaan, partisipasi, percakapan, komunitas, saling terhubung terhadap minat beli pada instagram. Jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan google form berisi 20 pertanyaan dan dibagikan kepada 100 responden yang telah melakukan pembelian di media sosial. Hasil analisis pengaruh keterbukaan, partisipasi, percakapan, komunitas, saling terhubung terhadap minat beli pada instagram adalah sebagai berikut: (a) keterbukaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Instagram, (b) partisipasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (c) percakapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (d) komunitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (e) saling terhubung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram.
Downloads
References
Antony, Mayfield, 2008, What Is Social Media, London : iCrossing.
Arwiedya, M. R., & Sugiarto, S. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). https://doi.org/10.3434/xh133wg64
Ariesta, Indra, 2019. Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk Kartu Halo PT. Telkomsel West Jabodetabek. https://doi.org/10.3734/man23/xh133wg64
Ardila, 2015. Pengaruh Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pegawai Negri Sipil(PNS). https://doi.org/10.354/dim.23/xh19wg64
Mujiana, 2015. Pengaruh Pemasaran dan Keputusan Pembelian Melalui Internet.
Ashari, A.2012. Pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messanger terhadap minat beli mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin, Makassar.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.
Jakarta.
Kotler Philip dan Kotler, 2008, Manjemen Pemasaran, edisi kedelapan, Salemba Empat.
Nisa, Gita Chairun, 2013. Pengaruh Orientasi Belanja dan Gender Differencess Terhadap Pencarian Informasi Online dan Belanja Online. https://doi.org/10.3333/4htgh56565
Nugroho, Adi, 2006. E-commerce (memahami perdagangan modern di dunia maya). Informatika Bandung. Bandung.
Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk barang maupun Jasa.
Jakarta, Intidayu Press.
Utami, Agustin Dyah dan Triyono, Ramadian Agus, 2012. Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. Wijaya dan Teguh, 2012. Pencarian informasi dan kemudahan penggunaan Media Sosial. https://doi.org/10.44233/456565
Bhuno Agung, Nugroho. 2005. Strategi jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta:Andi Offest. https://doi.org/10.557/fhgfhf444
Assauri, Sofyan, 2003. Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid 1, Penerbit Gramedia,
Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suraidah Sarbia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.