Sosial Media Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Instagram)

Authors

  • Suraidah Sarbia Universitas Muhammadiyah Palopo Author

DOI:

https://doi.org/10.70184/59t7dc19

Keywords:

Media Sosial, Keterbukaan, Partisipasi, Percakapan, Komunitas, Saling Terhubung, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbukaan, partisipasi, percakapan, komunitas, saling terhubung terhadap minat beli pada instagram. Jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan google form berisi 20 pertanyaan dan dibagikan kepada 100 responden yang telah melakukan pembelian di media sosial. Hasil analisis pengaruh keterbukaan, partisipasi, percakapan, komunitas, saling terhubung terhadap minat beli pada instagram adalah sebagai berikut: (a) keterbukaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Instagram, (b) partisipasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (c) percakapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (d) komunitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram, (e) saling terhubung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony, Mayfield, 2008, What Is Social Media, London : iCrossing.

Arwiedya, M. R., & Sugiarto, S. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). https://doi.org/10.3434/xh133wg64

Ariesta, Indra, 2019. Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk Kartu Halo PT. Telkomsel West Jabodetabek. https://doi.org/10.3734/man23/xh133wg64

Ardila, 2015. Pengaruh Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pegawai Negri Sipil(PNS). https://doi.org/10.354/dim.23/xh19wg64

Mujiana, 2015. Pengaruh Pemasaran dan Keputusan Pembelian Melalui Internet.

Ashari, A.2012. Pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messanger terhadap minat beli mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Jakarta.

Kotler Philip dan Kotler, 2008, Manjemen Pemasaran, edisi kedelapan, Salemba Empat.

Nisa, Gita Chairun, 2013. Pengaruh Orientasi Belanja dan Gender Differencess Terhadap Pencarian Informasi Online dan Belanja Online. https://doi.org/10.3333/4htgh56565

Nugroho, Adi, 2006. E-commerce (memahami perdagangan modern di dunia maya). Informatika Bandung. Bandung.

Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk barang maupun Jasa.

Jakarta, Intidayu Press.

Utami, Agustin Dyah dan Triyono, Ramadian Agus, 2012. Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. Wijaya dan Teguh, 2012. Pencarian informasi dan kemudahan penggunaan Media Sosial. https://doi.org/10.44233/456565

Bhuno Agung, Nugroho. 2005. Strategi jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta:Andi Offest. https://doi.org/10.557/fhgfhf444

Assauri, Sofyan, 2003. Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid 1, Penerbit Gramedia,

Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Sosial Media Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Instagram). (2024). Vifada Management and Social Sciences, 2(1), 01-15. https://doi.org/10.70184/59t7dc19