Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan Di Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.70184/3kgs3665Keywords:
kepemimpinan transformasional, kepala sekolah, mutu pendidikanAbstract
Penelitian ini berfokus pada masalah kepemimpinan kepala sekolah yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan di Jayapura. Kepemimpinan transformasional diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan lokasi di beberapa sekolah menengah di Jayapura, melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian. Temuan utama menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan, dengan diperolehnya indikator kepuasan guru dan partisipasi siswa yang meningkat. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan perlunya pelatihan kepemimpinan yang berorientasi pada transformasi untuk kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vifada Journal of Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.