Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi)

Authors

  • Amri May Maulana Sidik Author
  • Evi Lutfia Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PASIM Sukabumi Author

DOI:

https://doi.org/10.70184/9hvt9f63

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan Berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung (studi kasus pada wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan data primer, yaitu data berupa kuisioner yang diberikan langsung kepada responden untuk diisi dan dikembalikan lagi kepada peneliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi sebanyak 99, dengan sampel sebanyak 99. berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (4,120>1,984) sehingga Ha diterima.sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian  (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (4,818>1,984) sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil dari uji f menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth  (X1)  dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai prob sebesar 0,000<0,05. Dan Fhitung > Ftabel atau (61,161 > 3,091) sehingga Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadila, A., Bulan, TPL, & Amilia, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Electronic Word of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Di Pangkalan Brandan. JIM: Manajerial Terapan , 1 (1), 20-27.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasnia, HM, Ulya, BN, & Nita, KS (2023). Analisis Pengaruh Elektronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Brand Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Gili Trawangan Lombok. Media Bina Ilmiah , 17 (10), 2385-2392.

Https://www.gramedia.com/best-seller/manajemen/ diakses pada tanggal 10 April 2024 pukul 21.00

Huda, N. N., Suryoko, S., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 198-206.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

KELLER, Kotler. 2009 Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bob Sabran, Penterj) Jakarta: Erlangga.

Pratama, Reza. (2020). Pengantar manajemen. Yogyakarta : Deepublish.

Priansa. 2021. Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung : Penebit pustaka setia.

Putra, IGNBS, Wardana, MA, & Darsana, IM (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Elektronik Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Cahaya Mandalika , 4 (1), 630-649.

Ramadhan, F. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata pantai Samudera Baru. Value: Journal of Management and Business, 1(1).

Romadhoni, A., Nugroho, SD, & Sudiyarto, S. (2021). Analisis pengaruh electronic word of Mouth (E-WoM) dan kualitas layanan terhadap keputusan berkunjung ke Agrowisata Kampoeng Anggrek Kediri. Agridevina: Berkala Ilmiah Agribisnis , 10 (1), 59-68.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, Wiratna, 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta, Pustaka Baru Press.

Zaelani, R. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survey Pada Pengunjung Tempat Wisata Tirtosari View Di Lumajang).

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Lombok: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi). (2024). Vifada Management and Social Sciences, 2(1), 24-39. https://doi.org/10.70184/9hvt9f63