Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi)
DOI:
https://doi.org/10.70184/9hvt9f63Keywords:
Electronic Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung (studi kasus pada wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan data primer, yaitu data berupa kuisioner yang diberikan langsung kepada responden untuk diisi dan dikembalikan lagi kepada peneliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wisatawan Agro Edu Park Mabda Islam Sukabumi sebanyak 99, dengan sampel sebanyak 99. berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (4,120>1,984) sehingga Ha diterima.sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (4,818>1,984) sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil dari uji f menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai prob sebesar 0,000<0,05. Dan Fhitung > Ftabel atau (61,161 > 3,091) sehingga Ha diterima.
Downloads
References
Fadila, A., Bulan, TPL, & Amilia, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Electronic Word of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Di Pangkalan Brandan. JIM: Manajerial Terapan , 1 (1), 20-27.
Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasnia, HM, Ulya, BN, & Nita, KS (2023). Analisis Pengaruh Elektronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Brand Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Gili Trawangan Lombok. Media Bina Ilmiah , 17 (10), 2385-2392.
Https://www.gramedia.com/best-seller/manajemen/ diakses pada tanggal 10 April 2024 pukul 21.00
Huda, N. N., Suryoko, S., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 198-206.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
KELLER, Kotler. 2009 Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bob Sabran, Penterj) Jakarta: Erlangga.
Pratama, Reza. (2020). Pengantar manajemen. Yogyakarta : Deepublish.
Priansa. 2021. Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung : Penebit pustaka setia.
Putra, IGNBS, Wardana, MA, & Darsana, IM (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Elektronik Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Cahaya Mandalika , 4 (1), 630-649.
Ramadhan, F. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata pantai Samudera Baru. Value: Journal of Management and Business, 1(1).
Romadhoni, A., Nugroho, SD, & Sudiyarto, S. (2021). Analisis pengaruh electronic word of Mouth (E-WoM) dan kualitas layanan terhadap keputusan berkunjung ke Agrowisata Kampoeng Anggrek Kediri. Agridevina: Berkala Ilmiah Agribisnis , 10 (1), 59-68.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sujarweni, Wiratna, 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta, Pustaka Baru Press.
Zaelani, R. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survey Pada Pengunjung Tempat Wisata Tirtosari View Di Lumajang).
Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Lombok: Forum Pemuda Aswaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amri May Maulana Sidik, Evi Lutfia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.